Friday, February 13, 2015

[ANNOUNCEMENT] Reaktivasi blog dan kembali ke Bahasa Indonesia

Folks, i'm back. Jujur ini udah lebih dari 365 hari saya gak ngurusin blog ini. Dan sekarang, sepertinya mau saya aktifasi ulang. Well, gak jadi jaminan kalo saya bakal sering post juga.

Pertama, saya balik ke bahasa Indonesia. Lha kenapa? Ada dua poin "hasil perenungan" saya yang jadi dasar kenapa saya pake bahasa Indonesia (yang mungkin gak baik tapi masih benar) lagi disini:

1. Disini kadang saya niatnya bagi ilmu, kadang juga bagi cerita, dan karena saya juga orang Indonesia, maka saya pake juga bahasa Indonesia supaya karib sekalian yang (maaf) kesulitan berbahasa Inggris masih bisa baca blog ini.

2. SIAPA PULA ORANG LUAR NEGERI YANG BACA BLOG GUA INI.... (ngenes? ya.)

But still, announcement lama (switched to bilingual blog) sebenernya masih berlaku, cuma bahasa utamanya aja yang ganti. Jadi..... Post review lama yang terlanjur pake bahasa Inggris gak akan saya terjemahin balik. Post baru In sya Allah pake bahasa Indonesa, kecuali untuk artikel yang menurut saya worth to read dan mungkin dibaca bagi orang luar, itu saya pake bahasa Inggris lagi.


Kedua, Redesign plan.

Ya, saya ada rencana redesign blog ini. Jujur yang ini udah lumayan (menurut saya), tapi kayaknya ada baiknya untuk pindah ke template yang lebih simpel. Kenapa? Seiring bertambahnya umur, saya ngerasa kayaknya "simple is the best" dan widget-widget aneh di samping itu gak semuanya perlu

Apalagi view count. Ngerasa alay juga kayaknya yang pake itu. Seolah mau pamer view.

Oke, bakal saya buang itu.

Bar video, keliatannya alay tapi mungkin gak saya buang. Kenapa? Walau begitu, masih lumayan manfaat. Mau cari video review ada feed disitu. Saya umpankan juga ke PV video lagu atau MAD dan bahkan cover, siapa tau ada yang mau. Bahkan beberapa video absurd dari channel seperti TomSka, Smosh, dan lain-lain pun ada juga.

Ikonnya pun akan saya ganti. Kalo udah nemu penggantinya.

Ketiga, Konten.

Saya rasa untuk ukuran blog, single content kayaknya gak nyaman juga. Karena itu kategori konten di blog ini kini sedikit bertambah, jadi overviewnya ada tech geek stuffs, rail geek stuff, aviation geek stuff, dan mungkin sedikit artikel lainnya.

Tech geek section: mungkin review gadget, atau review laptop, atau review peripheral, mungkin sedikit tips dan trik, mungkin kalo saya sanggup saya kasih yang agak advanced: programming tips (kalo saya sanggup).
Rail geek stuff: termasuk hobi baru saya sejak akhir 2013, terutama sejak saya bolak-balik Bogor-Tangerang Selatan dengan KRL, isinya mungkin foto-foto hunting aja.
Aviation geek stuff: nah ini sebenernya hobi terpendam sejak lama, dan bagian ini mungkin agak jarang diupdate selain karena mau foto aja susah, apalagi mau nulis trip report. Kecuali ada kabar delivery yang gak biasa (mungkin tiba-tiba B737MAX Garuda sampe - lupakan, masih 2017 nanti itu) bisa diupdate.

Last point, saya gak yakin mau berapa lama lagi bertahan pake Blogger, saya akan compare mana yang nyaman antara Blogger dan Wordpress, kunjungi juga blog Wordpress saya di http://haekal73max.wordpress.com - dan mungkin nama blog ini juga akan saya ubah dan saya simpelkan, jika sampai saatnya akan saya promosikan ulang di media sosial saya.

Sekian pemberitahuan panjang ini, sekian dan terima kasih, tertanda pemilik channel, Hae.

No comments:

Post a Comment