Saturday, January 7, 2012

The Meaning of Art on Techno World

   Seni, itulah bahasan gw pada post ketiga ini (trus kenapa tuh gambar temanya? gak apalah, ada hubungannya sama teknologi). Idenya muncul secara gak sengaja saat insomnia tadi malam. Tapiii.... Seni yang kita bahas disini yang berhubungan dangan dunia IT. Desain grafis? Salah. Arsitektur? Salah lagi. Video editing? Upssieee.... Sorry, 3 kali salah, anda kurang beruntung.

   Yah, yang ada diatas itu semua memang seni, namun bukan Techno-art. Mereka itu adalah seni rupa yang dilakukan dengan bantuan komputer. Seni teknologi sebenarnya, ada banyak, Tapi yang gw pahami dengan pasti baru beberapa, berikut diantaranya;


1. Overclocking
Overclocking merupakan seni 'memaksa' suatu part pada PC agar bekerja melebihi kemampuan aslinya. Ini seni berbahaya, butuh modal, keberanian (kenekatan sih tepatnya), dan keyakinan (ya iyalah, sesuatu gak akan berhasil kalo kita gak yakin). Para Overclocker menjalankan misinya biasanya bermodalkan hardware kualitas super (gak selalu), power supply bertenaga 750W keatas (pasti tagihan PLNnya bengkak) dan pendingin. Ada dua jenis yang digunakan, pertama Heat-sink fan berukuran raksasa (kayak gambar diatas) dan Liquid cooling (pake nitrogen cair, sekalinya beku/kondensasi ya korslet). Gw bukan overclocker, walaupun menurut kabar yang beredar processor yang gw pake (Pentium Dual-Core E2140 1,6 GHz) punya kemampuan OC super, bisa ditarik sampai 4,5 GHZ on-air; hanya dengan heatsink fan (tentunya segede gaban, jangan coba-coba sampe 4GHz karena bahaya, untuk harian sekitar 3GHz udah cukup!). Berhubung overclocking itu seni, ia tergantung bakat dan setiap tangan berbeda hasilnya. Itulah yang bikin gw gak berani ngutak-ngatik procie super gw itu.

2. Trolling

Trolling; kegiatan yang bertujuan bikin sebel orang melalui internet. Modenya bisa macam-macam, yang penting orang itu kesel. Tapi jangan juga kelewatan (cari gara-gara gitu). Trolling itu maksudnya semacam ngelawak yg ngeselin (entah sengaja atau tidak). Bangsa Wikipedia mengartikannya begini:
"Internet troll mengacu pada orang yang mengirim pesan (atau juga pesan itu sendiri) di Internet dengan tujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lainnya."
Kalo yang ini sering banget gw lakukan, bahkan kadang HP gw sendiri ngetroll gw (dan barusan situs blogger inipun ngetroll gw gara-gara fontnya yang bermasalah). Terkadang troling bisa diekspresikan lewat Meme (karakter internet) atau komik berbau Meme yang isinya beuhh.... ngeselin! Contoh: 
Contoh anak yang di-troll sama bapaknya
Troll disini berbeda dengan Troll - makhluk aneh serupa jin/monster. Dan namanya juga seni, setiap orang pasti berbeda hasilnya.

3. Hacking
Makin hari makin bejat aja gw, pake mencantumkan hacking disini, hahahahaha. Gw rasa para pembaca udah tahu yah apa itu hacking atau meretas (seringkali gw ngakak lihat Bahasa Indonesia dari istilah-istilah teknologi, download jadi unduh, upload jadi unggah, dan semacamnya). Dulu gw bersama-sama teman-teman gw hobi hacking skala ringan, namun sejak kami kena kasus (penjaga warnet mengetahui dan kami kena sembur habis-habisan) kami tobat. Tool yang dulu kami pakai yaitu Keylogger Douglas, Trojan OptixPro (untuk warnet), dan menyalahgunakan tool andalan guru NetSupport (untuk di sekolah). SETIAP TANGAN BEDA HASILNYA.


Sekian post kali ini, semoga menginspirasi para seniman agar pindah jalur (hah!?) dan tolong geplakin saja saya kalo ada kesalahan dimanapun, karena saya manusia (iyalah, masa jin?). See you on another post!

No comments:

Post a Comment