Thursday, December 15, 2011

Updated - Daftar HP incaran saya (setidaknya sampai hari ini)

Yeah, udah sering terjadi sama HP gw, beloved Nokia E71. Setelah gw timbang lagi, kayaknya udah waktunya nih HP pensiun (sebenernya sih gak rela, masih sayang. Tapi itu keadaanya, mau apa gw?). Berikut ini, gw sajiin aja sekalian daftar HP inceran gw saat ini, siapa tahu bisa jadi referensi buat yang pengen ganti juga. Ya nggak?

1. Nokia 701 - The Brightest Smartphone, Best HD Experience.

Screen : 360*640 IPS Panel Capacitive multigesture touch
Memory : 350MB internal, 8GB onboard mass-memory. MicroSD slot
OS : Symbian Belle
Form factor : Full touch. (gak usah takut, layar dilindungi Gorilla Glass, virtual QWERTYnya pun ajib)
Kamera : 8MP, dual-LED flash. 720p video recording @25-30fps (ini yg bikin gw ngebet)
Kisaran harga : Rp 3,5 jt
  Bener-bener gila, desainnya 11-12 sama C7, tapi isinya... Prosesor ARM11 1GHz udah nangkring + RAM 512MBnya siap tempur. C7 yang cuma 680MHz langsung keok lah. Fitur plus di Symbian Belle (sejak Anna) yaitu Video Editor dan Image Editor. Sempurna banget deh. Tapi harganya... Bikin gw mules.

2. Nokia 700 - The smallest smartphone.
                                      
Screen : 360*640 AMOLED Capacitive multigesture touch
Memory : 2GB internal, MicroSD slot up to 32GB
OS : Symbian Belle
Form factor : Full touch.
Kamera : 5MP, single-LED flash. 720p video recording @25-30fps
Kisaran harga : Rp 2,9 jt-an

  Yeah, nice phone too. The smallest smartphone ever, layarnya cuma 2,9" yang berujung pada gak enaknya ngetik pada portrait QWERTY mode (tapi ada landscape kaan?). Prosesor 1GHz dan RAM 512MB? Terpenuhi, pasti ngebut deh!
3. Nokia C7 (Really nice, sayangnya kalah cepet sama adeknya 701)
Screen : 360*640 AMOLED Capacitive multigesture touch
Memory : 350MB internal, 8GB onboard mass-memory. MicroSD slot
OS : Symbian^3. Sekarang udah pre-installed sama Symbian Anna dan upgradable ke Symbian Belle
Form factor : Full touch. (gak usah takut, layar dilindungi Gorilla Glass, virtual QWERTYnya pun ajib)
Kamera : 8MP, dual-LED flash. 720p video recording @25-30fps (ini yg bikin gw ngebet)
Kisaran harga : Rp 2 jt (sedang promo)
  Mantaf, segala kebutuhan gw terpenuhi dengan ini. Foto-foto, record video HD, nonton video mkv 720p pun jadi disini (cocok buat para otaku indo). Harganya sedang turun karena (kayaknya) kalah saing sama adeknya 701 (diatas) yang sama keren tapi lebih ngebut XD.
4. Nokia C6-01
Screen : 360*640 AMOLED Capacitive multigesture touch
Memory : 350MB internal memory. MicroSD slot
OS : Symbian^3. Sekarang udah pre-installed sama Symbian Anna (upgradable ke Belle gak ya?)
Form factor : Full touch. Lumayan walau gak setangguh C7
Kamera : 8MP, dual-LED flash. 720p video recording @25-30fps (sama kayak C7)
Kisaran harga : Rp 2,8 jt-an
  Alternatif pertama kalo C7 gak nyampe. Yah, gak beda jauh sih, dengan desain yang sama-sama eye-catching. Tapi beberapa hal yang gw kurang suka yaitu desain bagian belakangnya yang terkesan datar, dan memorynya yang gak segede C7. Itu artinya gw harus beli MicroSD lagi, yang speed bacanya lebih lelet. Herannya, sekarang harganya lebih mahal dari C7!!.
5. Nokia C6-00
Screen : 360*640 nHD Capacitive touch
Memory : 250MB internal. MicroSD slot up to 32GB
OS : Symbian S60v5 (itungannya belum Symbian^1, lihat aja homescreennya yg masih generasi N97)
Form factor : Touch with slide QWERTY (karena ini, HPnya jadi agak tebal)
Kamera : 5MP, single-LED flash. 720p video recording @30fps (ternyata S60v5 mampu loh)
Kisaran harga : Rp 2,5 jt-an

  Sebenernya agak ogah-ogahan gw sama ini HP. Tapi dulu gw pernah ngebet setengah mati sama C6, jadi untuk menghormatinya gw masukkan di post ini. Yang bikin gw meninggalkannya itu OSnya, tampilannya setengah-setengah. Coba kalo pake Symbian^1 (S60v5.1) kayak C5-03. Selain itu harganya kelewat mahal  dibandingkan speknya But, the video is great. My friend says: C6 itu HP buat nimpuk anjing yah?
6. Nokia C5-03

Screen : 360*640 nHD Resisitive touch
Memory : 70MB internal. MicroSD slot up to 32GB
OS : Symbian^1 alias S60v5.1
Form factor : Full touch (walau resistive tapi cukup nikmat, gw udah coba *minjem*)
Kamera : 5MP, No flash (sayang). Video recording @15fps nHD.
Kisaran harga : Rp 1,5 jt-an
  Murah meriaaah! Kayaknya dari segalanya yang paling possible ya ini. Walau speknya pas-pasan, tapi udah cukup lah. Seperti layaknya S60, gw harus convert mp4 sebelum nonton anime *jiah*. Keterbatasan utamanya ada pada memorynya. Semurah-murahnya microSD kalo 8GB kan mahal juga (maniak, butuh 8GB). Secara desain pun catchy, terlihat simpel dan keren daripada elegan. Sayang, kameranya gak ada flashnya.
7. Nokia 500
Screen : 360*640 nHD Capacitive touch
Memory : 2GB internal memory. MicroSD slot up to 32GB
OS : Symbian Anna, upgradable to Symbian Belle
Form factor : Full touch
Kamera : 5MP, No flash (sayang). Video recording @25fps nHD/720p.
Kisaran harga : Rp 1,8-2 jt-an
  Gak terlalu suka sih gw sama nih HP. Tapi kapan lagi dapet Symbian Anna murah? Ajibnya, procienya 1GHz! Mantaf kalo dipake main emu tuh. Tapi sayang, no flash on the camera. Kok kayaknya Nokia pelit amat ya soal flash? And one more, banyak orang bilang HP ini sering bermasalah soal restart dan freeze. Analisis gw, kayaknya gara-gara GPUnya yang belum berstandar Symbian^3, masih berstandar S60v5.
8. Sony Ericsson Live with Walkman
Screen : 320*480 HVGA Capacitive touch
Memory : Internal memory? Entahlah. MicroSD slot up to 32GB
OS : Android 2.3 Gingerbread
Form factor : Full touch
Kamera : 5MP, single-LED flash (kecil). Video recording @25-30fps 720p.
Kisaran harga : Rp 1,8-2,3 jt-an
  Dengan adanya ini, jiwa SE-lover gw bangkit lagi, dan tembok Symbianisme gw runtuh. Because, this is the most perfect Walkman phone ever. Dengan procie 1GHz, ini juga pilihan mantaf bro! Dual stereo speaker, dan fitur musiknya dijor-jorin abis sama Sony. So audophiles, get ready!


Artikel ini agak berbau curcol sedikit. Anda bisa membantu mengoreksinya melalui komentar (komen gaje juga boleh) atau merevisi dan mengembangkannya melalui email ke antares.zenithal@gmail.com (JANGAN DIBAJAK! Berani ngebajak gw bajak lu balik!). Sekian untuk post kedua gw yg panjang ini, Stay tune at my channel!


No comments:

Post a Comment